Semarak Tunas Muda Darel Azhar

Pramuka cerminan dari seluruh aktivitas di pondok pesantren. Semarak yel yel diiringi hentakan kaki mengawali langkah perjuangan pasukan khusus Darel Azhar dalam mencetak kembali prestasi di bumi perkemahan La Tansa.
Dengan semangat yang menggebu, melangkah tanpa ragu, bersatu bagai serdadu yang siap berjuang pada satu asa yang dituju dibawah naungan langit nan biru.
Pendidikan kepramukaan merupakan suatu pendidikan yang tidak pernah dikesampingkan oleh pondok pesantren modern dalam mendidik santri santrinya, bahkan kegiatan kepramukaan dijadikan sebagai salah satu cara efektif untuk menumbuhkembangkan bakat dan kreatifitas santri santrinya sebagai pemuda Indonesia dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi dan bermanfaat bagi umat.
Dalam rangka mencapai tujuan gerakan pramuka tersebut, maka pondok pesantren modern mewujudkan suatu kegiatan kepramukaan yang mendidik, menarik, sehat, dan berguna bagi kehidupan anak, remaja, dan pemuda saat ini begitupula pada masa yang akan datang. Hal ini terbentuk juga dengan dukungan potensi, minat serta bakat masing-masing.
Salah satu wahana atau kegiatan yang dipilih oleh pondok pesantren dalam mewujudkannya adalah kegiatan perkemahan sebagaimana salah satunya perkemahan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren La Tansa dengan nama PELANGI (Perkemahan La Tansa Gali Inovasi) dengan mengutamakan pendidikan mental dan pembentukan pribadi pramuka yang sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya.

PELANGI VIII Galang/Tegak di Ponpes Modern La Tansa Parakansantri, Lebak Gedong, Lebak, Banten, yang diikuti oleh 22 kontingen Penggalang, dan 20 kontingen Penegak termasuk di dalamnya Pondok Pesantren Modern Darel Azhar bersatu dan beradu intelektualitas dan kreatifitas dengan pondok pondok pesantren lainnya dari bebagai wilayah, yaitu Jawa, Banten, Jabodetabek dan Sumatra.
Semua peserta yang terhimpun di dalamnya berlomba lomba dalam mengadu kualitas diri dengan berbagai macam perlombaan yang terhimpun dalam bidangnya masing masing. Kurang lebih 36 macam perlombaan baik dalam bidang kesenian dan keterampilan, pengetahuan dan wawasan, olahraga dan ketangkasan, dan lain sebagainya.
Tak heran jika kegiatan kepramukaan dianggap sebagai cerminan dari berbagai aktivitas pondok pesantren. Karena memang pada dasarnya segala kegiatan tercakup didalamnya, mulai dari dakwah, asah kreatifitas, bahkan tahfidzul qur’an termasuk di dalam kegiatan kepramukaan.
Karena sebuah visi atau tujuan utama dari kegiatan kepramukaan ini adalah mencetak kader kader pemimpin umat yang berkualitas dengan intelektual dan kreatifitas luas dalam balutan jiwa pramuka yang melekat pada dirinya.
Merupakan suatu tasyakuran yang luar biasa serta kebanggaan tersendiri ketika pasukan khusus Darel Azhar kembali dengan prestasi yang telah berhasil diraihnya. Setiap tetesan keringat yang turun menyertai setiap perjuangan santri dalam mempertahankan eksistensi pondok pesantren Darel Azhar ternyata tak berhujung sia sia. Dengan doa dan dukungan bapak pimpinan pondok beserta seluruh asatidz, pasukan khusus Putri Darel Azhar mampu meraih juara umum dalam kegiatan perkemahan La Tansa yang berlangsung mulai dari tanggal 30 Oktober s/d 3 November 2017.

 

(Latifah)