Belajar Mengkaji Permasalahan Melalui Fathul Kutub

    Rentetan ujian siswa akhir KMI

DAREL AZHAR– Fathul kutub merupakan salah satu rentetan ujian yang sudah menjadi sunah pondok setiap tahunnya bagi siswa akhir KMI untuk menentukan kelulusan, karena mereka dituntut mampu memahami persoalan yang berkaitan erat dengan peradaban sebagai santri pondok modern,mampu membaca dan memahami buku-buku yang berbahasa arab dan inggris. ujian ini bertujuan untuk membuka khazanah ilmu pengetahuan khususnya pengetahuan islam dalam bahasa arab dan inggris, memperluas wawasan, menghilangkan fanatik tentang pondok modern bahwasanya pondok modern juga mampu membaca kitab kuning.

Pengarahan Fathul Kutub siswa akhir KMI

fathul kutub ini dilaksanakan mulai tanggal 28 februari 2018 yang diawali dengan pengarahan agar dapat mengetahui bagaimana cara dan syarat untuk membuat karya ilmiah, bertempat di gedung Aisyah pengarahan ini buka oleh Pimpinan Ponpes Modern Darel Azhar DR.KH. Ikhwan Hadiyyin,MM dan dilanjutkan oleh para asatidz senior. Siswa akhir KMI di beri waktu untuk mencari, membahas, dan membuat karya ilmiah selama 2 hari.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28-2 maret 2018 adapun materinya mengenai literature islam klasik diantaranya : Fiqih, Hadist, Tafsir, Tauhid dan beberapa pelajaran lainnya, mereka harus mampu mencari bagaimana hukum baku yang ada dalam islam serta penjelasannya harus jelas berdasarkan dalil. Para panitia telah menyediakan sumber buku yang akan menjadi referensi untuk membuat karya ilmiah.

(Latifah)