Tumbuhkan kreatifitas santri Darel Azhar dengan PPL

Pondok pesantren modern Darel Azhar menjadikan kegiatan kepramukaan sebagai cara efektif untuk menumbuhkembangkan kreatifitas santri santrinya sebagai kualitas diri dan bermanfaat bagi orang lain.

Salah satu kegiatan dibawah naungan gerakan pramuka yang dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan visi dan misi kepramukaan adalah Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) yang diikuti oleh seluruh adika penegak kelas 4 KMI dan 3 extention. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pada tanggal 10 Maret 2018. Dan diawali oleh beberapa peserta PPL perdana pilihan. Dan akan dilanjutkan selama beberapa minggu kedepan di gudep gudep yang telah ditentukan.

Dalam kegiatan PPL ini seluruh peserta dituntut berkreasi seindah mungkin untuk membuat sebuah hasta karya dan mempraktekan langkah langkah pembuatannya serta mengajarkannya kepada seluruh adika pramuka lainnya. Diantara seluruh peserta PPL ada yang membuat hasta karya berbahan dasar kardus, aqua bekas, stick es krim, serta kerajinan tangan lainnya. Disamping itu ada juga yang mengajarkan tentang sandi sandi yang digunakan dalam kepramukaan.

Sama halnya dengan praktek mengajar yang dilaksanakan di lembaga pendidikan formal pada umumnya, PPL juga merupakan puncak pembelajaran berbasis kepramukaan yang melatih mental serta kemampuan adika dalam menyampaikan suatu materi dengan menyenangkan. Karena pada dasarnya seluruh kegiatan dalam pramuka adalah menyenangkan.

Sebagaimana bapak pandu Robert Bodden Powell menyatakan bahwa _Scouting is not an abstruse or difficult science, rather it is a jolly game._
“Pramuka bukanlah ilmu yang sulit, melainkan ialah permainan yang menyenangkan”.