Pelepasan Siswa Akhir Kuliyatul Muallimin Al Islamiyah Darel Azhar

6 Mei 2018, untuk yang ke-19 kalinya pondok pesantren modern Darel Azhar, Rangkasbitung, Lebak melepas santri santrinya dalam acara Haflatu At Takhrij alias wisuda pelepasan siswa akhir KMI. Terhitung sebanyak 136 santri PA & PI diwisuda dan dinyatakan sah sebagai alumni Darel Azhar.

“Sinji Azurra” itulah sebuah nama angkatan yang diwisuda pada kesempatan ini. Sebelum dilaksanakannya acara pelepasan ini, seluruh santri kelas akhir diperkenankan untuk berjalan mengelilingi lingkungan sekitar pondok. Hal ini menjadi suatu adat yang selalu dilakukan oleh para wisudawan dan wisudawati sebelum acara di depan panggung yang bertempatkan di halaman aisyah dimulai.

Acara pelepasan ini turut dimeriahkan oleh Pasukan Marching Band, paduan suara, marawis dll. Serta tidak kurang dari 3000 jamaah yang hadir menyaksikannya. Terdiri dari muspida kab Lebak, para kiyai dan ustadz, tokoh masayarakat, wali santri dan simpatisan keluarga besar Darel Azhar.

Haru bercampur sedih, entah kata apa yang mampu mewakili perasaan mereka saat itu. Hanya tetesan air mata yang menjadi simbol perasaan haru tatkala mengingat masa masa dengan seribu kisah yang telah dilalui bersama dan kini hanya akan menjadi sebuah kenangan. Alunan musik dan lagu perpisahan membuat suasana semakin terasa mengharukan.

Diawal acara beberapa santri akhir KMI diperkenankan untuk menyampaikan kesan kesan dalam 3 bahasa. 1. Bahasa Indonesia oleh Ananda Irma Novera
2. Bahasa Arab oleh Ananda Amruddin, dan
3 Bahasa Inggris oleh Ananda Puspa Gemintang

Kemudian dilanjutkan dengan yudisium penetapan kriteria tiap tiap siswa. Satu persatu namanya disebutkan, menentukan kriteria apa yang didapatnya selama 4-6 tahun menimba ilmu di Darel Azhar. Dan 12 santri ditetapkan sebagai siswa dengan kriteria terbaik atau istimewa.

Beberapa pesan dan nasihatpun disampaikan dalam sambutan bapak pimpinan ponpes Darel Azhar, Dr. KH. Ikhwan Hadiyyin, MM dan Abuya Dr. KH. Hasan Basri Tanjung, MA.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasannya ada 3 org tua yang harus kalian patuhi dalam hidup ini.
1. Orang tua kandungmu
2. Orang tua belajarmu (guru)
3. Orang tua istri/suamimu (mertua)

Pesan pesan yang disampaikan merupakan suatu pembekalan menghadapi kehidupan yang akan ditempuh lebih jauh lagi setelah diwisuda. Dengan harapan semoga mampu menjadi alumni yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.