Jalin Silaturahmi dengan Sosialisasi Kampus UNIDA Gontor

Sosialisasi kampus UNIDA Gontor

Sabtu, 12/5/2018 dilaksanakan sosialisasi kampus, Universitas Darussalam Gontor bersama rektor UNIDA Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A.

Perkumpulan yang diadakan di Aula Pondok Pesantren Al Mizan Putri tersebut membahas berbagai hal terkait UNIDA, mulai dari Sejarah singkat, suasana serta sistem pembelajaran di UNIDA Gontor.

Selain dihadiri oleh seluruh keluarga besar Pondok pesantren Almizan, agenda ini juga dihadiri oleh pondok pesantren lain di Banten. Salah satunya Pondok Pesantren Darel Azhar, Rangkasbitung, Lebak.

Acara tersebut berlangsung kurang lebih 4 jam. Mulai dari pukul 14.00 s/d 17.00 diawali dengan penyanyian lagu hymne oh pondoku, sambutan bapak pimpinan ponpes Al Mizan serta penampilan vidio singkat profile UNIDA yang kemudian di lanjutkan dengan penyampaian hal hal terkait UNIDA oleh bapak rektor.

“Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor merupakan perguruan tinggi waqaf yang berada di bawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor. oleh sebab itu, dalam melaksanakan Tri Dharmanya, UNIDA Gontor mempertahankan visi, misi, dan jiwa pesantren. Pendidikan di universitas Darussalam Gontor yang totalitas mencakup _head, heart nd hand_ juga menjadi suatu keunggulan yang dimiliki oleh UNIDA yang tidak dimiliki oleh semua universitas.” ujar Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A.

Berawal dari sebuah cita-cita dan harapan serta diiringi niat para pendiri pondok pesantren Darussalam Gontor untuk juga mendirikan sebuah universitas islam, maka pada tanggal 1 Rajab 1383/17 November 1963 dimulailah langkah menuju cita cita itu yaitu mendirikan Institut Pendidikan Darussalam (IPD). Karena keterbatasan sumber daya maka IPD baru dapat membuka 2 fakultas, Ushuluddin dan Tarbiyah.

Pada tahun 1994, Institut menempuh langkah kecil dengan mendirikan Fakultas Syari’ah. Kemudian IPD diberi nama baru yaitu Institut Studi Islam Darussalam (ISID). Dua tahun kemudian yaitu tahun 1996, ISID menepati kampus baru di Siman, Ponorogo. Dengan berdirinya kampus baru yang terpisah dari kampus KMI, maka ISID mulai berjalan intensif, mandiri, membuka Program Pascasarjana. Sementara Program Studi pada setiap fakultas terus ditambah dan dibenahi sehingga menjadi terakreditasi.

Pada tahun 2013, Panitia Pendiri Universitas Darussalam Gontor dibentuk. Dengan kerja keras, bantuan berbagai pihak, dan dukungan penuh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Universitas Darussalam Gontor akhirnya dapat diresmikan pada tanggal 18 September 2014 bertepatan pada tanggal 17 Ramadhan, oleh Sekjend Liga Universitas Islam Dunia, Prof. Dr. Ja’far Abdussalam, di Gedung Pertemuan Pondok Modern Darussalam Gontor. Dengan visi Menjadi universitas unggulan yang mengintegrasikan sains, teknologi dan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu keislaman dan tetap mengikuti perkembangan zaman pada tahun 2030.

Adapun tujuan dilaksanakannya sosialisasi sendiri adalah sebagai salah satu bentuk silaturahim juga suatu pencerahan bagi seluruh calon mahasiswa/i pondok pesantren alumni, demi terciptanya insan yang memiliki ilmu pengetahuan, menguasai teknologi dan seni berdasarkan nilai-nilai keislaman yang dapat merespon tantangan global.