Santri Mengapresiasikan Seni

DAREL AZHAR- Apresiasi adalah penghargaan atau penilaian yang positif terhadap suatu karya. Sedangkan seni merupakan sesuatu yang diciptakan manusia yang mempunyai nilai keindahan atau estetika. Jadi apresiasi seni merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni, baik mengenali, menilai, dan menghargai bobot-bobot seni atau nilai-nlai seni yang terkandung dalam karya seni tersebut.

Setiap manusia diciptakan atau di anugerahi tuhan yang namanya rasa keindahan atau “sense of beauty”.  Apresiasi terhadap seni itu penting baik kesenian tradisonal maupun modern, dengan mengapresiasi suatu karya seni dan membangun empati dalam pribadi kita, dapat dipastikan seni dan budaya kita tidak akan mudah pudar termakan zaman. Selain itu, dengan mengapresiasi seni kita terdorong untuk membangkitkan jiwa-jiwa para seniman.

Sebagai wujud apresiasi pendidikan mental dan bakat dibidang seni, Pondok Pesantren Modern Darel Azhar menggelar acara “Santri Mengapresiasikan Seni” atau disingkat dengan SMS pada Rabu (25/7). Acara yang resmi dibuka oleh Bapak Pimpinan ini dimulai pukul 20.00 WIB di Depan Gedung Kuwait. Dihadiri seluruh guru serta seluruh santriwati kelas 1 hingga 6 KMI.

Acara ini merupakan rentetan acara dari khutbatul arsy, mulai dari acara parade busana, volk song, SMS (Santri Mengaprisiasikan Seni) APEL TAHUNAN, dan puncaknya pada acara Apresiasi Seni dan Panggung Gembira. Diselenggarakannya acara ini karna seni tidak sama sekali bertentangan dengan syariat Islam. bahkan, salah satu dari wali songo pun ada yang menggunakan seni sebagai sarana dakwahnya. SubhhanaAllah… Semua acara yang diselnggarakan di Darel Azhar pasti mengandung pendidikan yag dapat memotivasi seluruh santri.

Darel Azhar telah mempersiapkan sejak dini dengan menggali potensi dan bakat masing-masing santri. Tidak bisa dipungkiri, setiap santri memiliki minat dan bakat yang beragam. Jika tersalurkan dan dikelola dengan baik, maka lahirlah manusia-manusia kreatif dan inovatif. Beberapa santri telah menyadari minat dan bakatnya sejak awal masuk pondok, tapi tidak sedikit yang bakatnya masih terpendam, minatnya pun masih belum jelas. Di sinilah Darel Azhar berperan mengembangkan bakat dan minat santri-santrinya, sekaligus menggali potensi terpendam yang tak pernah disadari oleh mereka.

Acara terlihat meriah dengan semangat para santri hingga selesai, semua perlombaan pasti ada yang menjadi juara. Adapun juara-juara pada acara Santri Mengapresiasikan Seni yaitu :

Juara 1 diraih oleh : Kelas 3B KMI

Juara 2 diraih oleh : Kelas 2B KMI

Juara 3 diraih oleh : Kelas 1B KMI