Darel Azhar Arabic and English Championship 2020

Setiap lembaga pendidikan pasti mengharapkan terciptanya lingkungan dan sistem pendidikan yang dapat membangun kecerdasan emosional, spiritual dan intelektual siswa untuk menghadapi persaingan global. Maka jika ditelaah lebih jauh lagi kalimat tersebut memiliki makna yang sangat dalam.

Peran bahasa dalam kehidupan sehari-hari dapat diibaratkan seperti peran jantung dalam organ tubuh manusia. Salah satu peran jantung yang menjadi media pemompa darah sama pentingnya dengan peran bahasa yang digunakan sebagai media pengantar dalam penyampaian suatu maksud.

Lembaga pendidikan formal pada umumnya memasukan bahasa dalam muatan lokal kurikulum pembelajarannya. Selain bahasa inggris yang pada umumnya diterapkan oleh sekolah sekolah negri bahkan dijadikan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional, bahasa arab juga menjadi bahasa yang diaplikasikan di Pondok Pesantren.

Darel Azhar Arabic and English Championship merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Modern Darel Azhar Rangkasbitung dalam rangka turut membantu mewujudkan cita-cita Indonesia dalam mencerdaskan bangsa. Disisi lain kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati milad pondok yang ke 25 tahun di 2020 ini dengan slogan “Mencetak calon pemimpin muslim yg berpikir cerdas, bekerja keras, dan beramal ikhlas di era industri 4.0”

 Sesuai dengan nama kegiatan tersebut Darel Azhar Arabic and English Championship yang kemudian disingkat menjadi DAEC, maka sudah bisa ditebak bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang perlombaan tingkat pelajar berbasis bahasa Arab dan Inggris. Dalam Kegiatan DAEC melibatkan kurang lebih 9 macam perlombaan, Mulai dari Debat, Pidato, hingga Game berbahasa Arab dan Inggris. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar tingkat SMP/ MTs dan SMA/MA. Tercatat 317 peserta dari 22 Lembaga pendidikan di Banten dan Jabodetabek.

Kamis, 13 Februari 2020 tepat pada pukul 18.30 kegiatan DAEC resmi dibuka oleh bapak pimpinan pondok, Dr. KH. Ikhwan Hadiyyin, MM, dalam upacara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh peserta perlombaan serta seluruh santri Ponpes Darel Azhar. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari hingga hari Jum’at, 14 Februari 2020, meliputi berbagai tahap perlombaan mulai dari babak penyisihan, semi final hingga pada puncak penentuan juara yaitu babak final dari tiap tiap cabang lomba.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bapak H. Ahmad Firdaus, S,Pd, M.Si selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Lebak, beliau menyatakan bahwasannya Pihak Kemenag Kabupaten Lebak juga turut mendukung pelaksanaan kegiatan DAEC ini,  selain dipandang baik dalam mengembangkan program pendidikan di kabupaten, hal ini juga berpotensi mengasah kecerdasan Intelektual siswa. Sehingga pondok pesantren tidak dikenal sebagai lembaga yang hanya mengedepankan pengembangan kecerdasan spiritualnya saja.