Di Era New Normal, Ponpes Darel Azhar Gelar Wisuda Perdana di Auditoriumnya

Rangkasbitung, 12 Juli 2020 pondok pesantren modern Darel Azhar melepas 111 santri dalam wisuda angkatan ke-21 dan 6 mahasiswa perdana di Aula Darel Azhar. Prosesi wisuda tersebut berlangsung dengan sangat khidmat dengan dihadiri oleh walisantri, asatidz dan seluruh santri ponpes Darel Azhar.

Mengingat kondisi lingkungan yang belum sepenuhnya membaik, maka prosesi wisuda tetap dilaksanakan dengan protokol covid-19.

Ada kesan yang berbeda antara wisuda yang dilaksanakan pada tahun ini dengan wisuda-wisuda yang biasa dilakukan pada tahun sebelumnya. Selain suasana covid-19 yang membuat suasana sekilas terlihat tidak begitu meriah karena tidak menghadirkan banyak tamu undangan, dan atau dibatasi hanya dengan memperbolehkan 2 wali dari tiap-tiap wisudawan. Namun hal ini akan menjadi suatu kenangan yang tidak akan terlupakan karena di dalamnya juga terdapat peristiwa yang patut dijadikan catatan sejarah karena untuk pertamakalinya wisuda santri akhir KMI dilaksanakan di aula Darel Azhar, meskipun hingga saat ini belum seratus persen rampung dari pembangunannya. Disisi lain wisuda kali ini juga merupakan wisuda perdana yang selain perayaan kelulusan kelas akhir KMI, namun juga didalamnya disertakan wisuda bagi mahasiswa STITDA di Darel Azhar. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan-kegiatan pondok, mulai dari diikrarkannya pengurus baru tahun 2020-2021, ikrar wakaf pondok dalam puncak acara milad pondok yang ke-25, serta wisuda kali ini tidak mengurangi atau bahkan menambah keberkahan khususnya Aula Darel Azhar dan umumnya popes dan seluruh warga sekitar ponpes Darel Azhar.

Selain hal-hal tersebut, diantara suatu kebanggaan tasyakuran kelulusan atau wisuda kali ini adalah bertambahnya lulusan yang berprestasi. Santri-santri alias wisudawan/wati yang berprestasi antara lain 6 santri berhasil menghafal 30 juz Alquran, 13 santri yang lulus dengan kriteria kelulusan cum laude, dan 4 santri yang berhasil mendapat medali emas saat POSPENAS di Bandung.

Adapun harapan untuk seluruh wisudawan/wati baik kelas akhir KMI maupun mahasiswa, semoga semua ilmu yang selama ini telah didapatkan dapat bermanfaat khusunya sebagai bekal bagi diri sendiri dan umumnya bermanfaat untuk masyarakat.