Kuliah Umum Dalam Rangka Pekan Perkenalan

DAREL AZHAR– Pagi hari yang terasa sejuk di kampung nan berkemilauan Darel-Azhar, santri-santri dan ustadz-ustadzah sudah tampil menggunakan masker untuk mengikuti protokoler pencegahan penyeberan virus Copid 19 dan berpakaian full dress berkumpul di tempat VVIP di gedung auditorium Darel-Azhar.
Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, Darel-Azhar menggelar acara tahunan kuliah umum pekan perkenalan dengan istilah yang populer bagi ponpes alumni Gontor dengan khutbatul ars’y. Tujuannya yakni untuk memperkenalkan secara pondok modern Darel-Azhar dan program- programnya untuk para santri baru umumnya kepada seluruh penghuni pondok baik santri lama maupun para asatidz & asatidzah – agar lebih mengenal dan secara mendalam tentang Darel Azhar Rangkasbitung.

Acara dibuka dengan lantunan kalam ilahi yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya & hymne oh pondoku. Meskipun para santri baru pertama kalinya menyanyikan lagu “hymne oh pondokku” tersebut, tapi tidak mengurangi rasa khidmat dan kesyahduan selama ceremonial ini berlangsung.

Sebelum bapak pimpinan pondok modern Darel-Azhar ayahanda Dr. KH Ikhwan Hadiyyin MM membuka sebagai key note speaker di perkuliahan khutbatul ars’y tersebut, ustadz Zaky Elbistomy lebih dulu berdiri di mimbar untuk membacakan Curriculum vittae beliau.

Pada sambutannya, ayahanda memperkenalkan satu-persatu para ustadz dan ustadzah yang menjabat di kabag-kabag ponpes modern Darel-Azhar serta bagian-bagiannya. Beliau juga menyampaikan tentang filsafat , worldview & motto pondok Darel-Azhar. “Apa yang kau cari ke Darel-Azhar” & “Masuklah ke Darel-Azhar secara utuh”. menjadi kata-kata pamungkas beliau pada pagi hari ini. Hal ini disampaikannya agar santri-santri tidak salah niat untuk datang ke pondok modern Darel-Azhar dan faham betul apa tujuan & makna belajar dan menimba ilmu pendidikan di pondok ini.

Setelah istirahat untuk sarapan pagi, acara kembali dilanjutkan oleh pengisi materi yang ke-2 yakni ustadz Nurkholis Madjid SE yang isi materinya tentang akhlakul karimah dan karakter seorang santri, lalu di lanjutkan kembali oleh ustadz H. Rifai Arif Mpd. Yang menyampaikan tentang administrasi pondok dan ditutup oleh ustadzah Ani Rohani Spd,i yang menjelaskan tentang disiplin hidup di pondok modern Darel Azhar.

Acara diakhiri oleh intisari perkuliahan hari ini yang disampaikan bapak pimpinan pondok, akhirnya acara ditutup oleh kedua pemandu acara dan akan dilanjutkan di babak kedua pada esok hari.

Tradisi ini sudah berjalan dan menjadi rutinitas wajib tahunan semenjak tahun pertama berdirinya pondok modern Darel-Azhar tahun 1995, sebagai pengenalan dan pendidikan karakter kepada seluruh penghuni pondok modern Darel-Azhar.

 

Zaky Elbistomy

 

Rangkasbitung, 21 Juli 2020