Pramuka

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 (Permendikbud. No. 63 Tahun 2014 ) tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Maka PPM Darel Azhar sebagai lembaga pendidikan yang berlandaskan islam tentu turut ikut serta dalam melaksanakan peraturan tersebut, bahkan, jauh sebelum Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 di terbitkan, PPM Darel Azhar sudah terlebih dahulu menjadikan Pramuka sebagai Ekstrakurikuler yang wajib bagi para santrinya, tepatnya sejak awal berdirinya PPM Darel Azhar pada tahun 1995.

Sejak awal berdirinya PPM Darel Azhar di tahun 1995 , PPM Darel Azhar sudah menjadikan Pramuka sebagai Ekstrakurikuler wajib bagi para santrinya, hal ini di lakukan karena PPM Darel Azhar menyadari bahwa banyak pendidikan dan pelajaran yang di ajarkan di dalam pramuka yang tidak di ajarkan di dalam kelas.

Bahkan sejak awal berdirinya, Pramuka Darel Azhar telah banyak mengikuti event – event kepramukaan dan tidak sedikit dari event- event tersebut yang berhasil di menangkan oleh pasukan pramuka PPM Darel Azhar, khususnya di wilayah Banten.

Nama BADAR ( Barisan Utama Darel Azhar ) atau yang lebih akrab di sapa KOBRA ( Komando Barisan Darel Azhar ) dan PASUNDA mungkin sudah tidak asing lagi di dengar oleh para adika- adika pramuka khususnya di wilayah Banten ini, pasukan yang senantiasa di segani lawan-lawannya dalam setiap event ini telah mencapai banyak prestasi-prestasi gemilang, sepak terjangnya banyak menuai pujian bahkan sesekali membuat lawannya gentar.

Bahkan, PPM Darel Azhar sering di beri kepercayaan untuk mengikuti event – event mewakili Kabupaten bahkan Provinsi, Seperti pada tahun 2012 beberapa anggota pramuka putri di kirim ke Batam mewakili Banten dalam mengikuti acara PPSN ( Perkemahan Pramuka Santri Nusantara ) juga pada tahun 2015, 2 kontingen putra dan putri juga mewakili Banten untuk mengikuti PPSN yang diselenggarakan di Kalimantan, dan berhasil meraih beberapa juara , di antara nya :

  • Juara 3 Composation Bahasa Inggris
  • Juara 1 Insya Bahasa Arab

Dan Pada tahun 2016 mewakili Kabupaten Lebak mengikuti Festival Saka Bahari yang di laksanakan di Tanjung Lesung, Pandeglang – Banten.

Selain aktif dalam mengikuti acara- acara di luar kampus, Darel Azhar juga aktif mengadakan acara- acara kepramukaan yang melibatkan sekolah- sekolah atau pondok – pondok pesantren yang lain, yang bahkan menjadi agenda tahunan PPM Darel Azhar, seperti :

  • Kursus Mahir Tingkat Dasar ( KMD )
  • Saka Bhayangkara
  • Darel Azhar Kemah Ladang Remaja Berprestasi ( DEKLARASI ) Se- Jabodetabek, Banten dan Lampung  tingkat, SD, SMP dan SMA
  • Lomba Kerapihan Baris Berbaris ( LKBB ) Se- Banten tingkat SD dan SMP

Bahkan, dalam beberapa tahun kedepan, PPM Darel Azhar berencana mengadakan Kursus Mahir Tingkat Lanjut ( KML ) bagi kakak- kakak pembina gugus depan.